PENGULANGAN DI JAVA

Setelah sebelumnya Belanja Pagi membahas tentang Percabangan Pada Bahasa Pemrograman Java, sekarang saatnya belanja pagi melanjutkan posting untuk Perulangan Pada Bahasa Pemrograman Java. Langsung saja, Perulangan. Ada beberapa tipe perulangan, antara lain :

1. Perulangan while
         Pernyataan berguna untuk melakukan proses perulangan untuk sebuah kondisi tersebut bernilai benar (true), maka perulangan akan terus berjalan, dan terhenti ketika kondisi bernilai salah (false).

Bentuk pernyataan while seperti berikut ini :

            while (kondisi)
           {
            // isi intruksi
           }

Misal :
           int jumlah = 1;
           while(jumlah <= 10)
          {
                    System.out.println(jumlah);
                    jumlah++;
                     // menaikkan jumlah
           }

Jika program tersebut dijalankan, maka hasilnya adalah tulisan dari no 1 sampai 10. Dan saat jumlah bernilai 11, maka perulangan akan terhenti dikarenakan kondisi bernilai false (11<= 10).

2. Perulangan do-while
            Perulangan do-while merupakan perulangan yang hampir mirip dengan perulangan while namun perbedaannya, pada perulangan do-while, maka minimal instruksi akan dijalankan sekali.

Bentuk pernyataan do-while sebagai berikut :
            do
            {
                    // instruksi
             }while (kondisi);

 Misal :

             int jumlah = 100;
             do
            {
                        System.out.println(jumlah);
                        jumlah++;
                        // naikkan jumlah
            }while (jumlah <= 10);

Jika program tersebut dijalankan, maka akan menghasilkan keluaran 100, artinya walaupun kondisi salah, namun minimal isi instruksi akan dijalankan sekali, hali ini dikarenakan proses do-while berbeda dengan while, dimana do-while pertama melakukan instruksi baru mengecek kondsisi, sedangkan while pertama mengecek kondisi baru melakukan instruksi.

3. Perulangan for

              Perulangan for merupakan perulangan yang memiliki variabel untuk melakukan pengkondisian, berbeda dengan while dan do-while yang kita harus membuat sebuah variabel diluar untuk melakukan pengkondisian, pada perulangan for, ditempatkan sebuah blok untuk membuat variabel dan melakukan proses pengkondisian.

Bentuk pernyataan for seperti berikut :

               for (inisialisasi; kondisi; penaikan/penurunan)
              {
                          instruksi
              }

 Misal kita akan menampilkan angaka dari 1 = 100, maka dapat menggunakan perulangan for.

              for(int i = 1; i <= 100; i++)
              {
                          System.out.println(i);
              }

4. Perintah break

              Perintah break merupakan perintah yang dapat digunakan untuk menghentikan proses perulangan, misal jika kita membuat program seperti berikut :

               for (int i = 1; i <= 100; i++)
              {
                         System.out.println(i); if (i = = 50)
                         {
                         break;
                         }
               }

 Maka program hanya akan menampilkan angka dari 1 sampai 50, karena pada saat mencapai 50, program dihentikan oleh perintah break.

5. Perintah continue
                Perintah continue dapat digunakan untuk meloncati sebuah perulangan maksudnya adalah instruksi yang seharusnya dapat dilewat, hal ini berarti instruksi tidak akan dijalankan misal.

               for (int i = 1; i <= 100; i++) 
               { 
                           if (i % 2 = = 0 ) 
                          { 
                                continue; 
                          } 
               System.out.println(i); 
               } 

 Jika program diatas dijalankan, maka hasilnya akan menampilkan angka-angka ganjil saja, hal ini dikarenakan saat nilai i merupakan angka genap, maka perintah continue membuat program tidak menampilkan angka genap. Demikian pembahasan tentang Perulangan Pada Bahasa Pemrograman Java.

Terima Kasih, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Contoh project Pemrograman Grafik sederhana OpenGL menggunakan fungsi glLines

import java.util.logging.Level; //import java.util.logging.Logger; //import static komgraf01.KomGraf01.DISPLAY_HEIGHT; //import static k...