Input / Output pada Java

cara untuk menampilkan output ke layar, yaitu perintah

System.out.println  ---> Kursor pindah ke bawah

System.out.print ---> kursor tetep disebelah kanan


                                  pengganti      

                                                       cout << di C++

namun kita belum pernah menggunakan pernyataan untuk mendapatkan input. Berikut ini kita akan pelajari bagaimana menggunakan pernyataan input dan output pada Java.
Untuk dapat menangkap input dari keyboard, maka kita harus menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package.

Contoh Pernyataan input pada Java.

import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class InputKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Ketikkan nama anda:");
       try{
              name = dataIn.readLine();
           }catch( IOException e ){
             System.out.println("Error!");
           }
             System.out.println("Hai " + name +"!");
}
}

Tiga baris yang diawali dengan perintah import menunjukkan bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package.

Pada statement,  BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader. Kemudian, kita mendeklarasikan variabel String dengan identifier name. Pernyataan ini digunakan untuk menunjukkan tempat
menyimpan input dari pengguna.

Variabel name diinisialisasi sebagai String kosong "". Baris berikutnya adalah memberikan output string seperti yang telah  kita pelajari dengan menggunakan pernyataan System.out.print;


try{
         name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
         System.out.println("Error!");
}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement name = dataIn.readLine(); akan ditangkap. Jika ada kesalahan maka tulisan “Error” akan disampaikan. Jika tidak ada kesalahan maka variabel name akan diisi dengan apa yang dimasukkan oleh pengguna melalui keyboard.
Dan akan ditampilkan pada pernyataan terakhir.
Untuk menampilkan output yang kita inginkan, dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

System.out.println()
System.out.print()

System.out.println() --- > akan membuat baris baru sedangkan
System.out.print() ---> tidak akan membuat baris baru.

semoga berhasil....

0 komentar:

Contoh project Pemrograman Grafik sederhana OpenGL menggunakan fungsi glLines

import java.util.logging.Level; //import java.util.logging.Logger; //import static komgraf01.KomGraf01.DISPLAY_HEIGHT; //import static k...