Inputan dengan Scanner

Yakkk hari ini kita lanjut lagi ya… untuk hari ini kita akan bahas tentang inputan dari keyboard ke console kita.
ada banyak cara ada yang menggunakan bufferedreader ada juga yang menggunakan scanner. tetapi lebih mudah menggunakan scanner maka dari itu saya akan mencontohkan cara menggunakan scanner..
Scanner memerlukan import dari java ya itu

import java.util.Scanner;

Sesudah diimport kita harus membuat object java tersebut dalam class yang kita buat : Scanner in = new Scanner(System.in); .. kata” itu sudah pasti digunakan untuk membuat object yang dapat kita baca, kita buat object in dimana object in mengambil fungsi system.in pada class Scanner dari java..


ya sudah kita langsung ke source Codenya aja
Source Code :
import java.util.Scanner; // Import java untuk fungsi meminta inputan user

public class inputandemo{
public static void main(String [] args)

{

Scanner in = new Scanner(System.in);// kita masukan fungsi abstract Scanner kedalam sebuah object  yang bernama int
int a = 0;
String kata = “ ”;
System.out.println(“Masukan Angka : “);
a = in.nextInt(); // untuk meminta inputan berupa angka bisa menggunakan in.nextInt();

System.out.println(“Masukan Kata : “);
kata = in.next(); //untuk meminta inputan berupa kata bisa menggunakan in.next(); 

System.out.println(“angka yang anda masukan adalah “+a+” dan kata yang anda masukan adalah “+kata); }
}
Selain in.next(), in.nextInt(), in.nextLine(), masih banyak yang lain seperti in.nextDouble(); yang berfungsi
menerima inputan type data double untuk lebih lanjutnya silahkan tanyak ke mbah google...ok

selamet mencoba....


0 komentar:

Contoh project Pemrograman Grafik sederhana OpenGL menggunakan fungsi glLines

import java.util.logging.Level; //import java.util.logging.Logger; //import static komgraf01.KomGraf01.DISPLAY_HEIGHT; //import static k...